Pengaruh Penerapan Metode Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas Xi Di Sma Negeri 12 Padang
Keywords:
Pengaruh, Penerapan, Snowball ThrowingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode snowball throwing dengan hasil belajar seni tari siswa yang diajarkan menggunakan metodekonvensional untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya di SMA N 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 12 Padang sebanyak 251 orang dengan sampel penelitian sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (XI IPA 3) dan kelas kontrol (XI IPA 4) dengan jumlah 71 orang, yang diperoleh berdasarkan nilai rata-rata yang tidak jauh berbeda dan standar deviasi yang relative sama (diasumsikan homogen) dan berdistribusi normal. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwaberdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikansi 95% dan dk = (36+ 35)– 2 karena thitung > ttabel (2,07>1,67). Dengan kata lainpenerapan Metode Snowball Throwing berpengaruh terhadap Hasil Belajar Seni Tari Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Padang. Hal tersebut juga terlihat dari rata-rata selisih nilai kelas eksperimen (Snowball Throwing)lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (Konvensional) yaitu 79,26>74,47.
References
Astuti, F. (2016). Menumbuhkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Melalui Karya Tari Koreografer Perempuan Di Sumatera Barat: Suatu Tinjauan Gender. Humanus, 12(2), 53. https://doi.org/10.24036/jh.v15i1.6412
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, Dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Daryanto.(2005). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Intan, N. N., Klyukin, K., Zimudzi, T. J., Hickner, M. A., & Alexandrov, V. (2018). A combined theoretical-experimental study of interactions between vanadium ions and Nafion membrane in all-vanadium redox flow batteries. Journal of Power Sources, 373, 150-160.
Mudhoffir, (1990).Tekonologi Instruksional: Sebagai Landasan Perencanaan dan Penyusunan Program Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rooijakkers.(2003). Mengajar Dengan Sukses.Gramedia. Jakarta
Soedarsono.(1986). Elemen-Elemen Dasar Komposisi Tari.Yogyakarta : Laligo
Wibisono, Dermawan.2011.Manajemen Kinerja Perusahaan.Jakarta:Erlangga.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Intan Fahendri, Fuji Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.