Implementasi PjBL Berbantuan Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Desain Siswa SMK
Keywords:
project based learning, motivasi belajar, keterampilan desain, aplikasi Canva.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar dan keterampilan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas Desain Komunikasi Visual. Banyak tugas-tugas yang tidak terselesaikan dengan baik akibat siswa yang kurang motivasi belajar dan kurang menguasai keterampilan desain grafis. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan desain grafis siswa menggunakan pendekatan Project Based Learning (PjBL) dengan bantuan aplikasi Canva. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dimana dalam penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas XI pada mata pelajaran pilihan Desain Komunikasi Visual di SMKN 3 Pacitan, dan sebagai objek penelitian adalah motivasi belajar dan keterampilan desain. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi, dimana instrumen yang digunakan berupa hasil pekerjaan siswa, data nilai siswa, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Project Based Learning dengan bantuan aplikasi Canva mampu meningkatkan motivasi belajar dan keterampilan desain grafis.
References
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anggraeny, F. T., Wahanani, H. E., Akbar, F. A., Raharjo, M. I. P., & Rizkyando, S. (2021). Peningkatan Ketrampilan Kreativitas Desain Grafis Digital Siswa SMU Menggunakan Aplikasi CANVA pada Ponsel Pintar. Journal of Approriate Technology for Community Services, 2(2), 86–91. https://doi.org/10.20885/jattec.vol2.iss2.art5
Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19448
Handayani, L. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Masa Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMP Negeri 4 Gunungsari. Jurnal Paedagogy, 7(3), 168. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2726
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Harefa, N. (2018). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa pada Metode Praktikum. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 1(1), 28–38. https://doi.org/10.33541/sel.v1i1.768
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner, Doing Critical Participatory Action Research. Springer.
Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1). https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4427
Oktadifani, U., Lesmono, A. D., & Subiki. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2).
Rahmila, R., Iriani, R., Kusasi, M., & Leny, L. (2022). Pengembangan Media Poster Melalui Aplikasi Canva Bermuatan Etnosains pada Meteri Koloid untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(2), 188. https://doi.org/10.20527/quantum.v13i2.13079
Safitri, I., Putra, D., & Gusfarenie, D. (2022). Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Madrasah Aliyah Negeri 3 Batanghari. UIN Sulthan Thaha Saifuddin, Jambi.
Siswanjaya, S. (2021). Penggunaan Canva pada Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan dan Motivasi Menulis Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2), 421–442. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.259
Suhartini, Y. (2015). Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan dan Kemampuan Karyawan terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Industri Kerajinan Kulit di Manding, Bantul, Yogyakarta). Akmenika: Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 12(2).
Umi, U. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Seworan, Wonosegoro. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 24. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p24-38
Viviani, N. E., Mufidah, E., & Fibriyani, V. (2020). Pengaruh Keterampilan, Pengetahuan, dan Kemampuan SDM Terhadap Kinerja UMKM Mebel di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. Jurnal EMA, 5(1). https://doi.org/10.47335/ema.v5i1.46
Wibowo, T., Johansyah, R., & Astrina, V. (2022). Efektifitas Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Masa Kini. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(2), 103–107. https://doi.org/10.23960/J-Simbol/v10i2.2022.08
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Lies Yulianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.