Desain Media Pembelajaran Terhadap Literasi Kelautan dan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Ekosistem Mangrove di SMAN 4 Cirebon
Keywords:
Media Pembelajaran, Literasi Kelautan, Kemampuan Memecahkan Masalah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain media pembelajaran terhadap literasi kelautan dan kemampuan memecahkan masalah pada siswa kelas X di SMAN 4 Cirebon pada materi Ekosistem Mangrove valid sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Didactical Design Research (DDR). Data diperoleh menggunakan kuesioner lembar validasi, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian siswa kelas X MIPA pada pembelajaran materi ekosistem mangrove. Hasil Analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa desain Media Pembelajaran Terhadap Literasi Kelautan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Ekosistem Mangrove valid, berdasarkan hasil validasi para ahli, untuk validator ahli ke 1 yaitu (3,63), validator ahli ke 2 yaitu (3,63), dan validator ahli ke 3 yaitu (3,48), dengan begitu maka dapat dikategorikan memenuhi kriteria baik.
References
Al-Zein, H, A. (2016) Beyond Problem Solving: engineering and the public good in the 21st century. Journal ofCleaner Production. 137 : 692-700
Erlina, E., Irawan, B., Amelia, T. (2017) Profil Awal Literasi Kelautan Mahasiswa Calon Guru Biologi di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Artikel
Fauville, G. (2017). Questions as Indicators of Ocean Literacy : Students Online Asynchronous Discussion with a Marine Scientist. International Journal of Science Education ISSN 0950-0693.
Jambeck, Jenna R., dkk. 2015 . Plastic Waste Inputs From Land Into The Ocean. Science347(6223),768-771 ttps://www.iswa.org/fileadmin/user_upload/Calendar_2011_03_AMERICAN A/Science-2015-Jambeck-768-71 2_.pdf. (19 April).
Hanida, I, N., Akbar, Budhi., Abdullah, Sahami., Susilo. (2018) Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X IPA pada Materi Perubahan Lingkungan dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. 2(2)
Hariyatmi, Krisnaningrum, Atika., Megatywie, Ilona. (2019) Kemampuan Guru Biologi MAN Surakarta Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.
Artikel Pemakalah Paralel. ISSN:2527-533X
Heriati, A., Husrin, S. (2017) Perubahan Garis Pantai di Pesisir Cirebon Berdasarkan Analisis Spasial. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. ISSN 2338-350X. No.2 | Vol. 2017 | 52-60.
Irawan, Andi., Sihkabuden, Sulthoni. (2017) Pengembangan Media Video Pembelajaran Biologi Pembuatan Tempe dan Yoghurt.
Mukhzayadah., Wisodo H., Arief, M. (2018) Inovasi Pembelajaran Biologi Melalui EcoFun Game Pada Materi Konsep Lingkungan dan Interaksi dalam Ekosistem. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. Volume 2 No 1
Rizqi, M., & Nurjali, N. (2020). Desain Bahan Ajar Berbantu Macromedia Flash Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Materi Transformasi Geometri. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 613-622).
Rizqi, M. (2021). Learning Tools with SAVI Participation (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual) in Improving Mathematical Communication Skills in the Industrial Revolution Era 4.0. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1779, No. 1, p. 012063). IOP Publishing.
Runianto, Elvis. (2019) Profil Literasi Kelautan Siswa SMAN 5 Tanjung Pinang.
Artikel-E Journal
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43-50.
Tamboto, H. J., & Manongko, A. A. C. (2019). Model Pengentasan Kemiskinan Masyarakat Pesisir Berbasis Literasi Ekonomi dan Modal Sosial.
Zubaidiah, Siti. (2019) Pendidikan Biologi dalam Perkembangan Revolusi Industri 1.
Conference Paper
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Novela Tri Lestari, Muhammad Rizqi, Nurjali

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.