Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Index Card Match di SDN. 183/III Koto Periang

Authors

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Metode Index Card Match

Abstract

Hasil belajar siswa masih rendah dan belum mencapai KKM, hal ini terlihat dari refleksi pembelajaran yang dilakukan sebelum pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Penulis mencoba menerapkan metode pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan Kartu) dengan memperhatikan permasalahan tersebut. Tujuan dari tinjauan ini adalah untuk menentukan peningkatan hasil
belajar siswa kelas IV A pada pembelajaran IPA melalui strategi File Card Match. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV A dengan menggunakan metode Index Card Match. Perbandingan hasil belajar pada Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II menunjukkan peningkatan hasil belajar. Pada pra siklus, hanya 11 dari 21 siswa (58 persen) yang mencapai nilai
KKM; pada Siklus I meningkat menjadi 16 siswa (81 persen). Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 19 pada Siklus II atau93%.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta. (Buku ini sering dijadikan rujukan untuk metodologi penelitian).

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:

Raja Grafindo Persada. (Jika Anda membahas model pembelajaran secara umum atau

bagaimana guru mengembangkan profesionalisme).

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group. (Untuk membahas strategi pembelajaran).

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

(Untuk aspek penilaian hasil belajar).

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar. (Jika metode Index Card Match dibahas dalam konteks cooperative learning).

Uno, Hamzah B. 2010. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang

Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. (Untuk membahas model pembelajaran secara umum).

Published

19-06-2025

How to Cite

Usman Arif, U. A., Rahmi Ramadhani, R. R., & Mulza Rois, M. R. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Index Card Match di SDN. 183/III Koto Periang. EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ikatan Guru Indonesia, 1(1), 01–05. Retrieved from https://jurnal.igi.or.id/index.php/edukasi/article/view/19