Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Index Card Match di SDN. 183/III Koto Periang
Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Metode Index Card MatchAbstract
Hasil belajar siswa masih rendah dan belum mencapai KKM, hal ini terlihat dari refleksi pembelajaran yang dilakukan sebelum pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Penulis mencoba menerapkan metode pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan Kartu) dengan memperhatikan permasalahan tersebut. Tujuan dari tinjauan ini adalah untuk menentukan peningkatan hasil
belajar siswa kelas IV A pada pembelajaran IPA melalui strategi File Card Match. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV A dengan menggunakan metode Index Card Match. Perbandingan hasil belajar pada Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II menunjukkan peningkatan hasil belajar. Pada pra siklus, hanya 11 dari 21 siswa (58 persen) yang mencapai nilai
KKM; pada Siklus I meningkat menjadi 16 siswa (81 persen). Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 19 pada Siklus II atau93%.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta. (Buku ini sering dijadikan rujukan untuk metodologi penelitian).
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:
Raja Grafindo Persada. (Jika Anda membahas model pembelajaran secara umum atau
bagaimana guru mengembangkan profesionalisme).
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group. (Untuk membahas strategi pembelajaran).
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
(Untuk aspek penilaian hasil belajar).
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar. (Jika metode Index Card Match dibahas dalam konteks cooperative learning).
Uno, Hamzah B. 2010. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang
Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. (Untuk membahas model pembelajaran secara umum).
Published
How to Cite
Issue
Section

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.