Aktivitas Pembelajaran Seni Budaya Secara Daring Di Smp Negeri 43 Padang

Authors

Keywords:

Aktvitas, Capaian Pembelajaran, Daring .

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui kegiatan pembelajaran seni budaya secara online di SMP Negeri 43 padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, telepon genggam, alat perekam, kamera, dan alat-alat yang diperlukan. Objek penelitiannya adalah siswa kelas VIII.1-A yang berjumlah 16 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah Data Primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi literatur, observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi, penyajian data, verifikasi atau penyimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran seni budaya online di SMP Negeri 43 padang dengan materi topik komik, terdapat beberapa aktivitas pembelajaran yang terjadi selama pembelajaran online, aktivitas yang terjadi adalah aktivitas Visual, aktivitas mendengarkan, aktivitas menggambar, aktivitas emosional. Selama pembelajaran daring terjadi penurunan aktivitas belajar siswa berdasarkan data yang ditemukan yaitu kehadiran siswa, hingga nilai siswa yang tidak mencapai standar kriteria skor minimal tuntas, terutama aktivitas visual yang ditunjukkan dengan nilai TO dan aktivitas emosional yang ditunjukkan dengan ketidakhadiran. . Dengan demikian, keaktifan siswa dalam pembelajaran menurun pada pembelajaran daring.

References

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kualitatif, Kuatitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuliasma. 2019. Model Pembelajaran TAGUNTA Di Sekolah Dasar. Padang : Universitas Negeri Padang

UU . No. 20 Tahun 2003

Anggraeni, Poppy, dan Akbar, Aulia. 2018. “Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran. Dalam Jurnal Pesona Dasar. Vol.6. No.2 (hal 56). Sumedang : PGSD STKIP.

http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/12197/9465 , diakses 3 April 2021.

Ardipal.2010. Kurikulum Pendidikan Seni Budaya yang Ideal bagi Peserta Didik di Masa Depan.Dalam Jurnal Pendidikan Bahsaa Sastra, dan Seni. Vol 11. No 1 (hal 4). Padang : Universita Negeri Padang.

http://ejournal.unp.ac.id/index.php/komposisi/article/view/69/50

diakses 30 Juli 2021.

Published

23-03-2024

How to Cite

Eventia Anne Grasia, & Yuliasma. (2024). Aktivitas Pembelajaran Seni Budaya Secara Daring Di Smp Negeri 43 Padang. EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ikatan Guru Indonesia, 1(1), 44–51. Retrieved from https://jurnal.igi.or.id/index.php/edukasi/article/view/12