Kompetensi Pedagogik Guru Seni Budaya Non Bidang Ilmu Dalam Melaksanakan Pembelajaran Seni Musik Di Kelas Viii-2 Smp Negeri 21 Padang

Authors

Keywords:

pembelajaran seni musik, kompetensi pedagogik, keterampilan mengajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru seni budaya non-bidang ilmu dalam melaksanakan pembelajaran seni budaya (musik) di kelas VIII-2 SMP Negeri 21 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif analisis. Instrumen penelitian menggunakn catatan hasil pengamatan, pedoman wawancara, dan catatan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi pustaka. Langkah-langkah menganalisis data adalah dengan teknik pengumpulan, pengelompkkan, penjelasan, dan penyimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan telah mendeskripsikan bahwa kompetensi pedagogik guru seni budaya seni rupa yang diamati untuk melaksanaan pembelajaran seni musik di kelas VIII-2 SMP Negeri 21 Padang pada penelitian ini, karena mendapat tugas untuk diperbantukan mengajar seni musik di Kelas VIII-2, telah menunjukan hasil bahwa guru kurang menguasai materi pelajaran yang diajarkannya. Tentu hal ini berkaitan dengan latar belakang bisang studi dan pengalaman mengajar yang berbeda antara bidang senirupa dengan seni musik. Namun pada keterampilan dasar mengajar yang ia terapkan dalam pembelajaran, di mana guru telah menerapkan sebagian dari ketrampilan mengajar itu, guru sudah melakukannya dengan cukup baik.

References

Kurnia, D., Toruan, J. L., & Kadir, T. H. (2018). Studi Deskriptif Kompetensi Pedagogik Guru Seni Budaya di SMAN 3 Kota Pariaman. Jurnal Sendratasik, 6(2), 62-68.

Moleong, Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mudhoffir. (1996). Teknologi Instruksional: sebagai Landasan Perencanaan dan Penyusunan Program Pengajaran (Cetakan Keenam). Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putri, Y. A. H., Maestro, E., & Sudarman, Y. (2019). Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII. 1 Pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Di SMP Negeri 2 Batusangkar. Jurnal Sendratasik, 8(3), 47-54.

Sardiman. A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syukron, A., & Lumbantoruan, J. (2022). Studi Deskriptif Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Musik Ensambel Sejenis di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kerinci. Jurnal Sendratasik, 11(3), 369-380.

Tilaar, H.A.R. (2000). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Bandung: Rineka Cipta.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Published

23-03-2024

How to Cite

Sandy Satria Kusuma, & Yos Sudarman. (2024). Kompetensi Pedagogik Guru Seni Budaya Non Bidang Ilmu Dalam Melaksanakan Pembelajaran Seni Musik Di Kelas Viii-2 Smp Negeri 21 Padang. EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ikatan Guru Indonesia, 1(1), 26–34. Retrieved from https://jurnal.igi.or.id/index.php/edukasi/article/view/10