https://jurnal.igi.or.id/index.php/edukasi/issue/feedEDUKASI : Jurnal Ilmiah Ikatan Guru Indonesia2025-06-19T18:51:49+00:00Arifah Suryaningsihjurnal@igi.or.idOpen Journal SystemsEDUKASI | Jurnal Ilmiah Ikatan Guru Indonesia (IGI) https://jurnal.igi.or.id/index.php/edukasi/article/view/19Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Metode Index Card Match di SDN. 183/III Koto Periang2025-06-19T18:35:49+00:00Usman Arif Usman Arifhayashamultimedia@gmail.comRahmi Ramadhani Rahmi Ramadhanihayashamultimedia@gmail.comMulza Rois Mulza Roishayashamultimedia@gmail.com<p>Hasil belajar siswa masih rendah dan belum mencapai KKM, hal ini terlihat dari refleksi pembelajaran yang dilakukan sebelum pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Penulis mencoba menerapkan metode pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan Kartu) dengan memperhatikan permasalahan tersebut. Tujuan dari tinjauan ini adalah untuk menentukan peningkatan hasil<br />belajar siswa kelas IV A pada pembelajaran IPA melalui strategi File Card Match. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV A dengan menggunakan metode Index Card Match. Perbandingan hasil belajar pada Prasiklus, Siklus I, dan Siklus II menunjukkan peningkatan hasil belajar. Pada pra siklus, hanya 11 dari 21 siswa (58 persen) yang mencapai nilai<br />KKM; pada Siklus I meningkat menjadi 16 siswa (81 persen). Jumlah siswa yang mencapai nilai KKM meningkat menjadi 19 pada Siklus II atau93%.</p>2025-06-19T00:00:00+00:00Copyright (c) 2025